Kamis, 10 Juli 2008

Sepertinya kita sudah memahami, atau kita akan mengetahuinya di kemudian hari, kalau minyak bumi akan habis, sedangkan beberapa energi alternatif seperti bio energi - akan menghasilkan karbon dioksida dan gas nitrogen yang bisa menyebabkan efek rumah kaca dan polusi udara.

Hidrogen ini adalah unsur yang tersedia melimpah di sekitar kita.  Unsur ini ditemukan di alam dalam bentuk gas, tapi karena sangat ringan, hidrogen tersebar ke bagian paling atas dari atmosfer kita, juga begitu ringannya - akhirnya lolos dari gaya tarik bumi. Kebanyakan, hidrogen yang ada di bumi terikat bersama molekul oksigen dan membentuk air (H2O).
Ada cara yang sangat mudah untuk menghasilkan ekstrak Hidrogen dan Oksigen dari air murni, melalui elektrolisa.
 

Hidrogen yang dikumpulkan di katoda (kutub negatif) , dapat mencair dan ditempatkan pada sebuah tabung, yang nantinya digunakan untuk menjalankan mesin atau pesawat/alat, kamu kan sudah mengetahui- sekarang ada mobil bertenaga air, dibuat pertama kali oleh orang Jepang.



Sebuah tabung stainless steel di lab
kimia berisi 26 galon cairan nitrogen.




Sebuah botol tabung biasanya tidak memiliki tekanan udara atau bertekanan udara kecil sekali.
Hidrogen cair atau cairan H2 secara umum sering digunakan oleh para ahli, karena lebih ringan dari air.  sebanyak dua puluh galon cairan H2 yang beratnya 150 pon, sebanding dengan hanya 1,5 pon bensin. Cairan ini mendidih pada 253 derajat dibawah nol.  Supaya tetap berbentuk cair,zat tsb harus diisolasi dari sumber panas dan tetap harus dalam sebuah tabung.  Ingat ngga ketika kamu masih balita... ibumu selalu menyimpan botol susu dalam sebuah botol termos agar tetap hangat atau dingin...
 

Jika dibakar, H2 cair ini dapat menghasilkan energi yang isinya sekitar 1/4 energi bensin. Ini artinya mobilmu tidak akan bergerak secepat tenaga mobil yang diisi bensin. Berarti tangki untuk bahan energi mobilnya harus lebih besar untuk menampung H2 cair yang setara dengan bensin.
Sesungguhnya terdapat nilai tambah dari pembakaran Hydrogen ini. Dalam rating oktan yang tinggi dibanding bensin dan dengan modifikasi mesin yang sesuai, H2 cair akan menghasilkan daya kuda yang lebih besar dibanding dengan mesin bertenaga bensin dengan ukuran yang sama.
Hidrogen tidak berwarna seperti cairan lain. Uapnya tidak berwarna, tidak berbau, tidak berasa, dan mudah terbakar. Hidrogen cair bersifat non korosis (ngga karaten),dan tidak beracun.
Sudah banyak pembicaraan tentang bahaya Hidrogen yang muncul di pemberitaan populer, terutama yang sesuai dengan bencana Hindenburg tahun 1936. 36 orang meninggal dalam kecelakaan, yang digosipkan oleh reporter melalui film, fotografi, dan media radio. Justru yang tidak dilaporkan - dari 97 penumpang dan petugas asing, hanya sepertiga dari mereka ( termasuk satu kelompok anggota kru) yang meninggal dalam kecelakaan. Yang menarik adalah : kebanyakan yang mati bukan disebabkan lagsung dari api, tapi akibat meloncat dari kapal yang terbakar. Penumpang tsb yang berada di atas kapal berusaha menyelamatkan diri ke tanah. Beberapa orang meninggal karena ingin menyelamatkan temannya di kapal. Sebagai bandingannya, hampir dua kali lipat yang tewas - ketika kapal Amerika Akron yang berisi gas Helium bertabrakan tahun 1933. Jadi lebih bahaya Helium dibanding Hidrogen. Hidrogen lebih ringan dari udara, akan langsung berhamburan dalam bejana yang pecah. Jika ini terbakar, hidrogen akan lebih cepat habis seperti habisnya udara panas dalam balon, karena gas di dalamnya adalah udara panas. Kalau tangki bensin dalam mobil pecah - bensin tumpah ke bawah mobil dan jika ada percikan api akan terbakar , sekitarnya akan terbakar. Contoh yang baik dalam hal ini adalah Ford Pinto yang memiliki banyak fasilitas, diproduksi dari th 1997 sampai 1980, Ford Pinto ini rusak akibat erupsi tangki minyak yang fatal dan terbakar. Jadi tidak hanya mobil dan truk yang bisa bertenaga Hidrogen , pesawat udara juga bisa. Nah jepang sudah berhasil membuat mobil bertenaga air (elektrolisa jugalah...), tapi ini bikin gregeten orang Amerika, kalau orang Indonesia pasti ngga pengen bikin, tapi pengen beli... he..he...(becanda!!)



 fordpinto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ada komentar ? silahkan tulis...