Selasa, 01 Juli 2008

Black Hole



Efek dari supernova...timbul lubang hitam. Wah, serem ngebayangin nya..
Coba kamu bayangin, residu dari supernova itu bila mengarah ke Bumi, kiamat kali..
Padahal para ahli memperkirakan lubang hitam atau kerennya black hole itu lintasannya 1000 tahun cahaya dihitung dari tata surya kita, berarti kira-kira 6 trilyun dikali 1000 mil, jauh ya..
Meski begitu, lubang hitam ini terdeteksi melalui teleskop ruang angkasa Hubble, dari teleskop ini terlihat sebuah lubang hitam yang melaju dengan cepat pada gugusan galaksi sambil memakan sebuah bintang tua (kamu bisa melihat film nya lewat discovery di fisika-smp). Lubang hitam ini letaknya sekitar 6000-9000 tahun cahaya ke arah konstelasi Scorpius.


Terus berapa kecepatan gerak lubang hitam ini? Kecepatannya sekitar 400.000 km/jam, Subhanallah naik mobil dgn kecepatan 100 km/jam ajach rasanya udah cepet banget kan..berarti ledakan bintang atau supernova melaju semakin cepat juga kan.
Black hole ini juga bisa menelan cahaya, bisa menghancurkan bintang yang dilewatinya, dengan cara menarik gas dari bintang yang dilewati, pelan-pelan menghancurkannya lalu masuk pada massa lubang hitam itu, ngeri ya..

Para astronom menyebut  objek   ini dengan microquasar, yang berarti model mini monster lubang hitam di pusat galaksi yang sangat aktif yang disebut quasar.
Seorang ahli  mengatakan lubang hitam yang melaju itu merupakan microquasar kedua yang ditemukan di Bimasakti. Yang pertama yang terdeteksi ,yg melaju lebih cepat.Lubang ini ditemukan sekitar tahun 2001.

 

Para ilmuwan telah mengetahui selama puluhan tahun bahwa lubang hitam sangat bervariasi ukurannya, sejak yang super padat - dengan berat jutaan atau bahkan miliaran berat matahari hingga massa bintang yang lebih ringan. Lubang hitam lebih ringan itulah objek yang melaju.
Ilmuwan telah menggunakan teleskop Hubble yang mengorbit Bumi untuk mengamati berbagai objek di ruang angkasa sejak 1995 dan baru  mampu memperkirakan jaraknya dari  Bumi setelah gambar2 nya  dibuat pada 2001.



Satu-satunya cara lubang hitam semacam itu bisa terbentuk adalah dimulai dengan runtuhnya inti satu bintang saat sekarat.
Keruntuhan ini memancarkan satu gelombang kejut merobek-robek sisa bintang lainnya.

Jika lubang hitam itu melaju dalam jarak yang langsung menuju Bumi, kata seorang ahli, “Hal itu akan mengganggu tata surya.” Tapi bagaimanapun, katanya, lubang itu tak akan lebih dekat dari  1.000 tahun cahaya dalam 200 juta tahun mendatang. wuihhh...aman deh.
Tapi jika Tuhan berkehendak besok bisa saja ada black hole lewat bumi kita, kiamat......


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ada komentar ? silahkan tulis...