Kamis, 18 September 2008

Soal2 fisika

1. Sebuah pesawat bergerak dari keadaan diam, bergerak di landas pacu sejauh 1,5 km, dan setelah mengalami percepatan konstan, pesawat lepas landas dengan kecepatan 260 km/jam. Selanjutnya pesawat mendaki dalam arah garis lurus dengan percepatan konstan 1 m/s2 sampai pesawat mencapai kecepatan konstan 350 km/jam. Gambarkan grafik s terhadap t, v terhadap t, dan a terhadap t yang menjelaskan gerakan pesawat !
2. Sebuah lift bergerak dari keadaan diam pada lantai pertama sebuah gedung. Lift mengalami percepatan 1,5 m/s2, lalu mengalami perlambatan 0,6 m/s2. Hitunglah selang waktu terkecil hingga lift mencapai lantai yang jaraknya 12 meter di atas tanah. Lift mulai bergerak dari keadaan diam dan selanjutnya berhenti kembali. Gambarkan grafik a – t, dan s – t untuk gerakan lift tersebut !

3. Kereta api barang mulai dalam keadaan diam bergerak dengan percepatan konstan 0,15m/s2. Setelah waktu t’ kecepatannya dipertahankan ,sehingga pada t = 160 sekon kereta sudah menempuh jarak 600 m. Carilah t’ dan gambarkan grafik v – t untuk gerakan kereta barang itu !
4. Grafik v – t untuk partikel yang bergerak dalam sebuah medan listrik dari satu pelat ke pelat lainnya memiliki bentuk seperti gambar. Percepatan dan perlambatan yang terjadi nilainya konstan dan keduanya adalah 4 ms-2. Jika masing-masing pelat mempunyai jarak 200 mm, tentukan kecepatan maksimum vmaks dan waktu t’ untuk partikel yang berpindah dari satu pelat ke pelat lain. Juga gambarkanlah grafik s – t , bila t = t’/2 partikel berada pada s = 100 mm !
5. Pak Guru naik motor dari keadaan diam pada jarak s = 0, lalu pergi ke sekolah dengan kecepatan seperti diperlihatkan grafik di bawah. Hitunglah percepatan motor Pak Guru ! Dan dimana posisi beliau pada saat t = 8 sekon dan t = 12 sekon ?

6. Sebuah mobil balap melintasi arena balap sepanjang jalanan yang lurus, dalam waktu 10 sekon percepatannya terlihat pada grafik. Buat grafik v – t yang menjelaskan gerakkan mobil dan carilah jarak yang ditempuh selama 10 detik !

7. Sebuah pesawat mendarat pada landasan Halim, jarak tempuh awal pesawat s = 0 kecepatannya 110 kaki/s. Bila pesawat mengalami perlambatan diperlihatkan gambar, tentukan waktu t’ yang dibutuhkan untuk menghentikan pesawat, dan gambarkan pula grafik s – t untuk gerakannya! (1 kaki = 0,3048 meter).


8. Perhatikan grafik v – t dari gerakan kereta api, yang bergerak dari stasiun A ke stasiun B. Buatlah grafik a – t dan tentukan kecepatan rata-ratanya dan berapa jarak antar stasiun tersebut ? (1 kaki = 0,3048 m)

9. Asep naik sepeda mulai dari keadaan diam , lalu menempuh jalan lurus 20 meter hingga kecepatannya 30 km/jam. Berapakah percepatan Asep ? dan berapa waktu yang dibutuhkannya sampai ia mencapai kecepatan 30 km/jam ?
10. Suatu mobil bergerak dari keadaan diam dan mencapai kecepatan 25 ms-1 sesudah menempuh jarak 150 m sepanjang jalan raya yang lurus. Tentukan percepatan tetap dan waktu perjalanan dari mobil tersebut !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ada komentar ? silahkan tulis...